Halo, sobat sekalian, apa kabar nih? Semoga dalam keadaan baik-baik saja yah. Oh ya, ngomong-ngomong destinasi wisata favorit kalian kemana sih? Kalau saya sendiri destinasi wisata favorit saya adalah gunung dan pantai. Sebagai pecinta keduanya, saya harus membutuhkan tenaga yang ekstra. Saya adalah pengangum setia gunung dan pemuja pantai.

Memang destinasi ini cukup ektrim untuk perempuan seperti saya. Tapi, kalau soal tempat yang indah dan eksotik, percayalah kemanapun itu akan saya jalani.

Bukan rahasia lagi kalau Indonesia memiliki tempat-tempat indah. Dari Sabang sampai Merauke terdapat gunung yang menjulang tinggi, pantai yang eksotis, bahkan budaya yang unik dan beragam menjadi nilai plus terendiri. Banyak sekali destinasi yang ingin saya kunjungi.

Nah, berbicara tentang resolusi tahun ini, saya ingin mengunjungi salah satu surga dunia di Indonesia, tepatnya di Pulau Tidore. Loh kenapa saya ingin sekali ke Tidore? Karna saya bisa mengarungi serta berwisata di pulau indah ini.

Mengenal Tidore

Punya uang seribu rupiah? Coba lihat pulau yang terdapat di uang tersebut. Nah, itulah pulau Pulau Tidore. Pulau Tidore terletak di provinsi Maluku Utara. Pulau ini terkenal akan rempah-rempah yang terkenal seperti pala dan cengkeh. Dahulu, pulau ini dikuasai oleh bangsa Portugis dan Belanda. Hal yang menarik adalah pulau Tidore memiliki banyak destinasi yang indah yang wajib dikunjungi.

Nah, jika berwisata ke Tidore, saya akan mengunjungi 5 destinasi ini.

  1. Pulau Maitara

Hasil gambar untuk pulau Tidore

Pulau maitara adalah pulau kecil diantara Tidore dan Ternate. Walaupun kecil tapi keindahan pulau ini sangat menakjubkan. Pulau ini menjadi ikon uang pecahan seribu rupiah Indonesia. Untuk mencapai pulau ini dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. Akses utama adalah penyebrangan menggunakan speed boad. Pulau ini adalah pulau tanpa penghuni. Keindahan pulau yang memiliki pemandangan alami, hamparan pasir putih, serta keberanekaragaman biota laut menjadi alasan untuk snorkeling dan diving. Tak hanya pemandangan pulaunya yang indah namun pemandangan bawah lautnya dijamin luar biasa.

 

  1. Pulau Failonga

 Hasil gambar untuk Pulau Failonga

Masih di pulau Tidore, salah satu pulau yang wajib kamu kunjungi adalah pulau Failonga. Pulau ini hanya memiliki luas 0,8 hektar namun memiki pesona yang memikat wisatawan. Hamparan pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, pemandangan alam yang indah serta batu karang besar yang berada di sekitar pulau. Tak hanya pesona pantainya, pesona bawah laut juga sangat memikat. Pokoknya, pemandangan alamnya instagramable banget deh. Banyak sekali spot fotografi. Jika saya pergi ke tempat ini, saya akan camping dan menghabiskan waktu untuk menatap bintang dimalam hari.

 

  1. Mendaki Gunung Kie Matubu

 Hasil gambar untuk Gunung Kie Matubu

 

 

 

 

 

Gunung ini adalah gunung tertinggi di Maluku Utara dengan ketinggian 1730 mdpl. Pendakian gunung ini memakan waktu sekitar 4 jam yang dimulai dari desa Gurabunga. Desa ini disebut sebagai desa diatas awan yang memiliki hawa sejuk. Ketika sampai di puncak gunung, kita dapat melihat pulau ternate, Gunung Gamalama, pulau maitara. Disebelah selatan juga terdapat pulau Mare, Moti, Makian. Dibagian barat terdapat pulau Halmahera, Jailolo, Sofifi. Pokoknya pemandangannya sangat indah ditambah dengan suasana alam yang sejuk.

 

  1. Menyaksikan Lumba-Lumba di Pulau Mare

Hasil gambar untuk Lumba-Lumba di Pulau Mare

 

 

 

 

 

Nah, destinasi wisata selanjutnya adalah pulau Mare. Apa yang bisa dilakukan disini? Di tempat inilah, bisa disaksikan lumba-lumba. Waktu yang tepat untuk mengunjunginya adalah pukul 6 pagi dan pukul 6 sore. Lumba-lumba akan berenang di laut sambil beratraksi seru kian kemari. Untuk melihat populasi luma-lumba ini, maka harus menyewa boad/ perahu di tengah pantai. Sambil melihat lumba-lumba, wisatwan juga bisa snorkeling sambil menikmati pemandangan pantai.

 

  1. Museum Kesultanan Tidore Sonyine Malige

 

Hasil gambar untuk Museum Kesultanan Tidore Sonyine Malige

Puas berwisata alam, saat nya mengenal pulau Tidore lewat peninggalan sejarah zaman Portugis dengan mengunjungi museum Sonyine Malige. Sambil berwisata, sambil belajar tentang sejarah Tidore zaman dahulu. Lumyan menambah pengetahuan dan pengalaman. Nah, Museum ini dibangun diatas lahan seluas 800 m2 dengan luas bangunan 300 m2. Koleksi museum yang dapat ditemukan antara lain; Singgasana kesultanan, pakaian adat, kerajinan khas Tidore seperti batik, kain sarun, dan masih banyak lagi.

Yang paling unik adalah mahkota berambut. Para masyarakat percaya bahwa rambut di mahkota tersebut selalu tumbuh setiap tahunnya. Untuk melihatnya saja, tidak bisa oleh orang yang sembarangan. Museum ini masih berbau mistik mungkin karna peninggalan zaman dahulu.

 

Sambil berwisata ketempat-tempat tersebut, tak lupa mencicipi makanan khas kepulauan Tidore yaitu menyantap Gohu ikan, kue lapis Tidore, Popeda, Ikan asap dan lain-lain. Tak lupa untuk membeli oleh-oleh sebagai kenang-kenangan yaitu sarung khas Tidore, kerajinan tangan, dan masih banyak lagi.

Bagaimana? Tertarik bukan? Yuk segera pack your stuff and visit Tidore. Jalan-jalan ke Tidore yuk

 

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi TIDORE UNTUK INDONESIA

Visit Tidore – 5 Destinasi Wisata yang Wajib dikunjungi

Yohana Siallagan


Lulusan Pendidikan bahasa Inggris yang memiliki segudang cita-cita. Interested on writing and reading.


Navigasi pos


6 tanggapan untuk “Visit Tidore – 5 Destinasi Wisata yang Wajib dikunjungi

  1. Wah pengen sekali berkunjung ke Tidore. Penasaran dengan Kota yang kaya akan rempah rempah yang banyak diperebutkan bangsa bangsa Eropa karena karena nilai jualnya yang sangat tinggi. Selain itu juga banyak pantai pantainya yang keren sekali ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *