Image result for puasa
Sumber

 “Bagaimana sih rasanya puasa”? apa tidak tersiksa tidak makan dan minum?

Pertanyaan inilah yang kerap saya tanyakan kepada teman muslim SMP saja. Maklum lah saya sebagai orang kristen tidak pernah menjalani puasa. Tapi, saya memiliki beberapa teman muslim yang tetap menjalankan puasanya. Saya akhirnya mengerti, bahwa umat muslim tidak hanya berpuasa menahan rasa haus dan lapar namun juga menahan emosi, hawa nafsu dan hal buruk lainnya selama sebulan penuh.

Tak hanya di SMP namun, saya kerap memiliki teman muslim bahkan sampai kuliah. Bila mereka berpuasa, tentu saya akan menjaga sikap toleransi dengan tidak minum di depan mereka. Malahan, saya pernah tidak sengaja minum dan kemudian baru saja sadari bahwa dia disamping saja. Otomatis, saya langsung minta maaf. Namun, dia berkata

“nggak apa-apa kok, yang puasa kan saya berarti saya harus siap menahan godaan, ucapnya sambil tersenyum.”

Sejak saat itu, saya tetap menjaga toleransi untuk teman yang sedang menjalankan puasanya.

Namun, jangan salah sangka lho, sebenarnya tak hanya umat muslim saja yang berpuasa. Namun kami umat kristiani Khatolik juga berpuasa yakni menjelang Paskah/ kematian Yesus Kristus.

Tahukah kamu, kalau berpuasa sangat banyak manfaatnya.

Dengan berpuasa, tubuh sehat secara jasmani, rohani serta sosial

  • Tubuh lebih sehat

Berpuasa memaksa tubuh mau tidak mau harus mengkonsumsi makanan sehat (saat sahur) agar stamina tubuh tetap terjaga. Nah, bayangkan saja selama satu bulan, tubuh akan mendapatkan makanan sehat dan bergizi yang dikonsumsi secara teratur, bebas dari minuman alkohol, rokok. Selain itu, berpuasa menyebabkan proses detoksifikasi yaitu pengeluaran zat racun pada tubuh.

  • Mengontrol berat badan

Bagaimanapun juga, makanan yang kita makan sewaktu sahur dan buka puasa pasti cukup untuk keperluan tubuh setiap hari. Dengan makanan yang teratur, membuat berat badan menjadi terkontrol. Tak perlu diet mati-matian karna di bulan ramadan, bisa menahan diri berarti menambah pahala.

  • Mengontrol hormon seksual

Berpuasa menyebabkan perubahan Hormon seksual terutama pada laki-laki. Penuruan hormon testoteron menyebabkan penurunan nafsu seksual namun tidak berpengaruh pada tingkat kesuburan.

  • Memperbaiki mental

Berpuasa berarti bisa menahan diri dari godaan. Maka, umat yang berpuasa akan berusaha menjaga diri, turut mendekatkan diri kepada Allah dan saling bersilaturahmi dengan tetangga/lingkungan sosial.

Masih banyak lagi manfaat puasa.

Yang paling menarik ketika bulan ramadhan adalah ketika menjelang buka puasa atau ngabuburit. Biasanya, pusat kota akan ramai sekali menjual menu buka puasa. Sebelum berbuka, pasti sudah banyak sekali orang yang menjajakan menu buka puasa.

Berbagai menu buka puasa yang dijual seperti Es kolak, kolang-kaling, mie goreng, es buah, cendol, takjil dan masih banyak lagi menu buka puasa lainnya yang enak-enak. Memang, menu buka puasa di dominasi oleh menu dingin yang terbuat dari Es.

Saya memang tidak puasa, tapi kalo bulan ramadhan, saya selalu ikut buka puasa. Hehehe. Nah menu buka puasa yang saya sebutkan tadi memang enak namun belum tentu sehat.Loh kenapa? Karna menu buka puasa misalnya Takjil dibuat dari tepung dan santan yang mengandung lemak sehingga tidak bagus langsung dikonsumsi oleh tubuh. Lalu menu buka puasa yang sehat itu bagaimana ya? Yuk, simak menu buka puasa berikut yang sehat, enak, dan halal tentunya.

Berikut 5 Menu buka puasa yang sehat dan Nikmat

Related image
Sumber

Berpuasa adalah hal yang wajib bagi umat muslim kecuali orang yang sakit atau tidak memungkinkan berpuasa karna hal yang masuk akal. Nah, setelah berpuasa selama 12 jam, pasti buka puasa menjadi hal yang ditunggu-tunggu umat Muslim, yuk perlu memperhatikan menu buka puasa supaya tetap sehat dan tetap bisa berpuasa selama bulan ramadhan.

Berikut 5 menu buka puasa yang sehat dan enak. Apa saja, yuk dibaca!

  • Aneka Buah segar
Image result for menu sehat buka puasa
Sumber

Berpuasa hampir 12 jam membuat tubuh kekurangan cairan dan nutrisi. Bila berbuka, usahakan mengkonsumsi buah-buahan segar. Beberapa varian soup buah segar  menjadi menu andalan jitu seperti semangka, pisang, pepaya, kurma. Buah tersebut bisa di jadikan beberapa  varian minuman enak  seperti jus buah atau es buah. Tergantung sesuai selera tentunya.

  • Soup daging
Image result for menu sehat buka puasa
Sumber

Menu selanjutnya bisa soup daging yang dicampur dengan aneka sayuran. Tapi ingat, usahakan jangan mengkonsumsi daging berlemat tinggi seperti kambing atau lembu. Tapi usahakan membuat menu soup ayam yang tinggi akan vitamin dan cepat memulihkan tenaga. Danging ayam  mengandung protein sangat berguna untuk membangun energi tubuh.

  • Ikan bakar
Image result for menu sehat buka puasa
Sumber

Menu selanjutnya adalah Ikan. Kenapa harus ikan? karna kalau tidak makan ikan akan ditenggelamkan Bu Susu Pudjiastuti, Menteri kelautan dan perikanan Indonesia. Bila anda memiliki kolestrol, ikan adalah menu yang paling baik dibandingkan daging. Usahakan, ikan tidak digoreng namun ikan bakar atau di gulai  akan lebih baik.

  • Nasi merah
Image result for menu sehat buka puasa
Sumber

Sebagai orang Indonesia, nasi sudah menjadi pangan sehari-hari. Ada lho orang, makan seberapa banyak pun tetap merasa lapar bila tidak makan nasi. Seperti saya. Dasar, orang Indonesia. Namun, mengkonsumsi nasi juga penting namun, perhatikan nasi yang dikonsumsi. Usahakan mengkonsumsi nasi merah karna nasi merah mengandung vitamin B, kandungan gula juga lebih rendah.

  • Pecel
Image result for pecel
Sumber

Sayuran bisa diolah menjadi makanan sehat , salah satunya adalah pecel. Pecel yang berbahan  aneka sayuran hijau dan kacangan sangat sehat dan nikmat tentunya. Sayuran yang mengandung serat berfungsi melancarkan sistem pencernaan. Namun, bila mengkonsumsi pecel, usahakan pecel tidak pedas, supaya tidak menyebabkan sakit perut.

Image result for puasa
Sumber

Nah, itulah 5 menu buka puasa yang sehat dan enak. Tentunya, bisa dibuat dengan mudah dirumah. Tertarik bukan? Kalau kamu punya menu buka puasa bisa ditambahkan ya di kolom komentar. Selamat berpuasa bagi umat Muslim yang menjalankan, semoga Damai sukacita selalu menyertai kita sekalian.

 

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Novia Domi

5 Menu buka puasa Sehat dan Enak

Yohana Siallagan


Lulusan Pendidikan bahasa Inggris yang memiliki segudang cita-cita. Interested on writing and reading.


Navigasi pos


6 tanggapan untuk “5 Menu buka puasa Sehat dan Enak

  1. kalau aku krn ada di cirebon yang panas, setelah buka dg yamng manis2 seger, sdh puas rasanya, makan besar jadi males maunya minum saja

  2. Kalau menu buka puasa favorit saya selain yang seger-seger itu adalah gorengan. Hahaha. Jauh dari sehat yaaa.. tapi kadang kalo lagi nggak beli/bikin gorengan, berbuka pakai 1 kurma dan segelas air putih juga sudah cukup buat saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *